NASI KUNING PAKE RICE COOKER

Tetangga saya yang orang Indonesia kirim nasi kuning…. wwweeeeeenaaaak tenannn. Keesokan harinya, anak saya minta nasi kuning lagi, ” Mah aku mau nasi kuning, masakin ya “. Saya langsung bilang, ” Iya nanti dimasak”,…. WAAAAADUUUUUH saya gak punya langeseng… terus gimana caranya????

Kalau di Indonesia kan gampang bisa beli, minta tolong Mamaku yang jago masak, pokoknya gak rumitlah. Masalahnya di sini semua harus bisa sendiri, jadi harus usaha sendiri.

Liat mata anak Claudia, saya jadi semangat. Ya udah saya coba2… bumbu semua diblender terus disaring… saya nekat pake RICE COOKER masaknya. Yang saya khawatirkan RICE COOKER RUSAK ……!!!

Setelah kurang lebih 45 menit……. saya buka….. dan BERHASIL…. SAYA BISA MASAK NASI KUNING PAKE RICE COOKER…

SENANG BANGET MELIHAT CLAUDIA MAKAN DENGAN LAHAP… HAP..HAP…

Resep:

Beras 4 gelas (gelas khusus ambil beras biasanya sudah disediakan dlm karung berasnya)

BUMBU:

3 ruas kunyit (kalau mau kuning banget tambah sesuai selera)

6 buah bawah putih dan bawang merah (mau lebih juga oke aja)

2 ruas laos

500 ml santan kara/santan apapun yg penting santan ya… hehehhehe…

Garam, bumbu penyedap (kalau mau), semuanya sesuai selera..

CARA MASAK

Beras di cuci sampai sangat bersih, ingat sangat bersih sampai bening airnya..

BUMBU semua di blender juga sama santanya…. rrrrrrrrrrrrrr…. sampai halus.

Disaring, terus dimasukkan ke dalam berasnya, masukkan ke RICE COOKER…..oiya pas mau dimasak kasih daun jeruk 2 keping dan daun pandang 2 keping, kalau gak ada gak masalah. Jangan lupa sekali-kali diaduk aduk…

Tips: apabila tanda RICE COOKER menunjukkan nasi sudah matang, ternyata waktu dibuka nasi blm kering, JANGAN BIMBANG… masak sekali lagi… dan tunggu.. NASI KUNING bisa langsung dinikmati.


28 thoughts on “NASI KUNING PAKE RICE COOKER

  1. Mbak, makasih ya resepnya ^^ sekarang saya lg di Melbourne, kepengen bgt nasi kuning sampe mimpi2 (mungkin bawaan calon baby dalam perut kali…). Liat nama blognya kok kaya pernah tau…ternyata mantan gadis sampul ya mbak (saya waktu SMP-SMA selalu baca tiap bulan). Hehe…sukses terus ya mbak!

  2. thanks banget yah resepnya, besok mau coba buat ultah suami nih. secara di Italy gak ada langseng, so coba pake rice cooker. mudah2an berhasil.

    grazie

  3. Wahh,,, dapat pengetahuan bru lg ni mksih mbak uda bagi” resep, aq mau cb ah, cz aq pngen bget mkan nasi kuning tp gk prnah sempat bkin krn babyQ msi 6 bln jdnya gk ada waktu.
    Tengz ya infonya!!!

  4. akhirnya dapat juga resepnya-jumat besok mertua mo berkunjung,suami minta menu makan siangnya nasi kuning lengkap, aku mo coba resepnya ya mba, doakan semoga sukses, deg2an nih…hehe…

  5. Pingback: Cara Membuat Nasi Kuning

Leave a Reply

