REFLEKSI

Kasihan…aduh kasihan banget… Takuuut ah….takut marah, takut gak enak, takut malu… konsep pemikiran yang biasa kita dengar bahkan secara tidak sadar sudah merupakan sifat manusia. Cara melihat, yaaaa dengan mata, kita bisa melihat sifat seseorang. Lagi cemburu, marah, senang, jatuh cinta, sebel, curiga, masih banyak hal lagi. Rupanya sifat manusia sangat mengejutkan, terlihat diam, suara lembut, terlihat ayu dibalik itu semua tidak menjamin manusia tersebut orang yang sabar. Sebaliknya, banyak bicara, ceriwis tidak menjamin manusia tersebut orang yang pemarah.

Sifat dan karekter manusia apabila dilihat dari sisi yang religius adalah suatu hal yang ajaib, yang Tuhan telah ciptakan, bisa dibayangkan berapa karakter manusia di dunia ini, dan semuanya berbeda, luar biasa bukan?.
Saya berbicara mengenai diri saya sendiri.

Terlalu sempit pemikiran manusia yang hanya memikirkan dirinya sendiri. “Jangan menganggap dirimu sendiri seorang yang bijak”, selalu saya ucapkan di dalam hati. Menjadikan renungan bagi saya, bahwa manusia pada dasarnya mudah melupan kebaikan, dan tidak mudah melupan borok sesamanya.

Bisa terjadi pada orang terdekat, keluarga, yang paling sering saya lihat dalam suatu persahabatan.
Persahabatan tidak bisa dijadikan panggung sandiwara. Kalau dunia memang panggung sandiwara, kita semua sudah tahu dengan beragam kejadian yang dapat ditemukan di Media Cetak, Elektronik.

Masih belajar memahami proses-proses ini. Sahabat yang baik akan selalu belajar mengendalikan mata, mulut, dan mempunyai hati yang tulus. Namun sahabat yang sejati tidak usah dicari, bagaikan mencari jarum di jerami. Tidak mudah. Akan datang pada waktunya….

TUHAN, BIMBINGLAH saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s