MENTAL MENTALITAS

Mata saya pejamkan sejenak, sambil menarik nafas panjang, mencoba untuk kembali menulis, cukup lama “dicuekin”, akhirnya tangan ini gatal.🙂

Tinggal di mana pun, di Indonesia, atau Luar Negri, tidak dapat mengubah mental seseorang, sekali lagi menurut saya. Mental….bukan Metal yaaah…🙂 merupakan karekter yang tidak bisa dibuat-buat. Mental akan keluar secara natural, ketika seseorang ada di ruang publik. Bagaimana pun cara seseorang “Berakting” mempertunjukkan siapa dirinya….waktu akan membuktikan, seperti apa Mentalitasnya.

Ketika, seorang suami yang bekerja sangat keras dan atasannya menjanjikan “Bunga-bunga”, namun yang terjadi tidak sesuai dengan janji “Bunga-bunga” tersebut… malahan tidak terjadi apa-apa…….Mental……Mentalitasnya akan terlihat, apakah Suami tersebut akan mengundukan diri dari perusahaan / atau tetap bersyukur…?

Ketika, seorang istri yang tidak berkerja, hanya Ibu Rumah Tangga biasa, dan merasa tidak percaya diri, karena dulu pernah bekerja,  menghasilkan uang, sangat mandiri, tidak tergantung pada siapa pun, entah anak orang kaya/tidak,  mempunyai banyak sahabat, mempunyai lingkungan sosial,  dulu…ini, dulu itu….dulu ono..entah hanya tamat Sekolah Kejuruan, Seorang Sarjana…Dokter…Insinyur, S2,S3,S4, S’Telerrr,  ,…….Mental…….Mentalitasnya akan terlihat apakah seorang istri dapat meninggalkan Jubah Kebanggannya untuk mengabdi pada Suami?….atau terus menuntut….?

Ketika seseorang dihadapkan pada kenyataan bahwa dirinya sudah tidak cantik lagi, tidak cakep kalau dia seorang pria, tidak langsing lagi, tidak dapat memerkan perut kotak-kotak, tidak bisa memakai baju tangan pendek, tidak bisa mulus lagi…., secara sosial selau dihakimi secara halus bahwa dirinya Gendut, Kekurusan (anoreksia), Jerawatan, Bajunya Jadul, Cara bicaranya daerah banget, atau tidak bisa Bahasa Asing padahal tinggal di luar negri…..Mental….Mentalitasnya akan terlihat apakah dirinya seorang PEMENANG menjawab dengan senyuman (menerima kenyataan dan mau berubah untuk sesuatu yang BAIK),  atau PENGECUT yang hanya bisa tersinggung, minder, marah, keras kepala, sok pinter,….?

Ketika pribadi seseorang yang haus akan penghormatan, penghargaan, popularitas, pengakuan, pujian,  karena merasa mempunyai Kedudukan, Kekuasaan, Kecantikan, Ketampanan, Kekayaan, Kepintaran, Kepopuleran,….Mental….Mentalitasnya akan terlihat, apakah pribadi tersebut bisa menerima , bahwa ada yang melebihi dirinya dari segala yang dimilikinya…?

Kesimpulannya, saya pribadi masih belajar mengenai Mental dan Mentalitas… dalam prakteknya sangat..sangat…perlu belajar, masih belum mengerti bila melihat diri saya sendiri!!!

Tuhan, bentuklah aku menurut kehendakMu…

Mental
[v] (1) terpelanting; terpental; (2) terlempar kembali; berbalik arah
[Sd a] ada gunanya, ada pengaruhnya (tt obat, nasihat, dsb)
/mEntal/ (1) a bersangkutan dng batin dan watak manusia, yg bukan bersifat badan atau tenaga: bukan hanya pembangunan fisik yg diperhatikan, melainkan juga pembangunan –; (2) n batin dan watak

Mentalitas
[n] keadaan dan aktivitas jiwa (batin), cara berpikir, dan berperasaan: faktor — merupakan faktor penentu dl pembanguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s